Koban

angintropis.com
By -

Tepatnya pada saat libur musim dingin [冬休み」saya dan beberapa teman melakukan perjalanan liburan ke prefektur Nagano, saat itu saya masih tinggal di prefektur Shizuoka. Jarak antara Shizuoka-Ken dan Nagano Ken- kurang lebih sekitar 254,7 km kemungkinan jarak tempuh ini hampir mirip antara Jogja menuju Tegal.

Kami melakukan perjalanan dari Shizuoka menuju Nagano menggunakan transportasi berupa kereta listrik [電車] densya, jalur yang kami lalui yaitu dari stasiun Shizuoka, Kofu Stasiun, Matsumoto Stasiun lalu menuju Nagano.

Karena menggunakan kereta listrik yang bertarif biasa, lama perjalanan kami tempuh kurang lebih 5 jam. Selain berkunjung ke tempat tinggal teman [アパート] apato, tujuan kami yaitu untuk mencoba Ski di salah satu obyek wisata pegunungan Nagano yang terkenal akan kelembutan butiran saljunya.

Setelah selesai mengisi hari libur kurang lebih 2 harian, singkat cerita kita memutuskan untuk kembali pulang menuju Shizuoka melalui jalur yang sama akan tetapi nasib kurang baik saya alami ketika dalam perjalan.

Sesampainya di apato, baru tersadar jika dompet saya tidak ada di saku maupun di tas, saya beranggapan pasti dompet ini tertinggal atau kalau tidak jatuh [karena belum pernah mendengar orang kecopetan di Jepang]. Kala itu sampai di rumah kira-kira pukul 15:00 dan istirahat sebentar lalu saya langsung melaporkan kejadian kehilangan tersebut dengan menghubungi kantor polisi yang berdekatan dengan stasiun kereta tak jauh dari tempat tinggal.
Dengan beberapa menit pendataan identitas, cek pasport serta menyampaikan kartu ID Certificate of Alien Registration (di dompet khusus), serta menyebutkan warna dan jenis dompet.

Pak Polisi yang sedang bertugas di KOBAN [Pos Polisi] menyampaikan ke saya bahwa laporan kehilangan ini akan di teruskan ke setiap pos Polisi yang akan dimulai dimana terakhir kali saya menggunakan dompet tersebut.

Setelah itu saya diminta untuk menunggu di rumah sampai ada informasi resmi yang akan di sampaikan kembali melalui telfon. Sepulangnya dari pos Polisi kurang dari 4 jam atau waktu itu kurang lebih skitar pukul 20:30 hand phone berdering dan ternyata yang menelfon adalah pak Polisi tadi, beliau menyampaikan bahwa telah di temukan dompet sesuai dengan ciri ciri dan warna serta beberapa kartu point bertuliskan nama saya. Puji syukur sembari berucap Alhamduliliah, pak Polisi mengatakan bahwa besok paginya kurang lebih jam 10:00 pagi dompet dapat di ambil di stasiun tempat melapor kemarin.

Usut punya usut pak polisi menyampaikan bahwa dompet saya telah di temukan oleh seorang ibu-ibu (叔母さんObaasan, dan diserahkan ke salah satu pos polisi yang berada di stasiun Nagano. Uang saya yang ada di dalam dompet sekitar 35.000 YEN pun masih utuh.

Sekedar berbagi jika Anda penghadapi situasi seperti tadi diatas atau seperti pencurian, kecelakaan , ataupun kejadian darurat lainnya Anda dapat segera menghubungi 110 atau langsung melaporkan ke Pos Polisi [Koban] terdekat. Berikan keterangan yang jelas untuk proses investigasi.

Koban merupakan pos jaringan kepolisian daerah yang berdiri sendiri, disebut juga "Hashutsujo" atau "Chuzasho". Di Jepang koban ada di setiap daerah dengan penjagaan beberapa polisi yang di tugaskan. Sistem kerja polisi yang di tugaskan di koban mempunyai peranan yang sangat besar untuk menjaga situasi keamanan di setiap area dengan melakukan patroli berulang-ulang untuk menjamin keamanan masyarakatnya.

Peran kepolisian di Jepang sangatlah besar, tidak hanya melakukan tugas rutinitas atau mengurus perkara yang berhubungan dengan lalu lintas dan kriminal, akan tetapi mereka bertugas menolong dengan  ramah dan sangat menghayati profesinya seperti menerangkan arah jalan secara detil, membantu menyebrangkan jalan, melaporkan dan membantu penemuan barang hilang /tercecer .

Meskipun ibaratnya seperti pensil hilang, polisi Jepang akan sangat konsentrasi, bekerja keras untuk menemukan siapa pemiliknya dengan mendata dan menidentifikasi dari laporan-laporan kehilangan yang masuk.

Jika terjadi suatu kejadian, polisi koban ini akan segera datang membantu, dengan kesigapan dan penuh tanggung jawab. Oleh karena itu tak heran jika Jepang mendapat penilaian yang tinggi dari negara lain.

Bagi para warga Indonesia yang ingin berkunjung ke Jepang jadi jika terjadi sesuatu, jangan sungkan-sungkan silahkan saja langsung menuju pos polisi atau yang di sebut Koban tadi untuk meminta bantuan.

Image: VIA
             mothership.sg

Tags:

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Learn more